Senin, 10 November 2008

PEMIMPIN IDEAL MENURUT PANDANGAN ISLAM

Hidup di dunia membutuhkan pemimpin yang betul-betul mampu mengatur urusan umat, sehingga umat dapat menjalankan aktivitas ibadah dan aktivitas-aktivitas lain dengan tenang. Tiada rasa takut seperti kepemimpinan zaman RASULULLAH SAW dan para sahabatnya. Suatu kepemimpinan yang dapat merubah segala bentuk kezhaliman dan keresahan menuju keadilan dan ketenangan.
Melihat catatan sejarah yang harum ini, mayoritas umat islam pada zaman sekarang merasa cemburu dan berupaya mengembalikan umat agar bisa kembali seperti semula, yaitu dengan memilih pemimpin ideal, muslim, mampu membawa rakyatnya kepada gerbang kesejahteraan dan menegakan syariat islam, meski Indonesia Negara demokrasi yang terdiri dari bermacam-macam kepercayaan, minimal dapat mencontoh cara RASULULLAH SAW dan para sahabatnya memimpin.
Indonesia sebentar lagi mengadakan pemilu legislatif dan pilpres, masing-masing parpol menjagokan kandidatnya masing-masing. Kita sebagai rakyat Indonesia, tentu harus bersifat lebih selektif dalam memilih siapa yang lebih ideal untuk kita pilih sebagai pemimpin Negara ini.
Dalam pandangan islam, ada kriteria-kriteria tertentu seseorang layak dipilih sebagai pemimpin.
1. Muslim
Seseorang pemimpin harus seorang muslim, karena merekalah pemegang amanat keadilan. Firman Allah dalam surat Al-baqarah ayat 247, “jangan lah orang-orang mu’min mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mu’min”.
2. Berilmu
Seorang pemimpin harus memiliki ilmu tentang hukum, politik, ekonomi, sosial dan ilmu-ilmu yang berpotensi memajukan umat.
3. Laki-laki
Dahulu negri Persia menyerahkan kepemimpinan pada perempuan, maka nabi bersabda : “ Tidak akan bahagia suatu kaum, bila mereka menyerahkan kepemimpinan kepada wanita”.

Dari kriteria-kriteria diatas, mudah-mudahan bisa dijadikan acuan kita untuk memilih the next leader. Hendaknya kita lebih cerdas dalam memilih pemimpin untuk bangsa ini, tentunya kita semua tak ingin salah lagi dalam memilih pemimpin di negri yang kita cintai. Mudah-mudahan pemimpin kita dapat membawa segenap rakyat Indonesia ke gerbang kesejahteraan.
Ditulis oleh MOHAMAD BAYU PRASETYO dari berbagai sumber (2008).

Tidak ada komentar: