Senin, 10 November 2008

SAHID KAH AMROZY cs ?



Sekarang ini kita sedang diributkan tentang eksekusi terpidana mati bom Bali. Berbagai media cetak maupun elektronik ramai-ramai mencari berita tentang ketiga orang terpidana mati itu. Ada hal menarik dari peristiwa tersebut, adalah saat ketiga “terpidana mati” maupun keluarganya menyebut bahwa mereka akan mati sahid karena telah berjihad di jalan Allah.
Kita sebagai orang awam tentu bertanya-tanya, apakah ini yang namanya jihad ? . Jihad adalah amalan yang sangat agung, ia bahkan menjadi puncaknya Islam. Namun sayang, wajah Islam saat ini tercoreng dengan beragamnya paradigma mengenai jihad oleh umat Islam sendiri. Keadaan ini memunculkan amalan yang diklaim oleh para pelakunya sebagai jihad. Akibat lebih jauh kini Islam dianggap sebagai agama teroris, biang kerusakan, dan anti perdamaian. Kita sebagai umat Islam tentu sangat sedih dengan cap-cap tersebut.
Banyak orang memandang amalan jihad tanpa dilandasi ilmu, sampai menyebabkan kekeliruan dan menambah peliknya persoalan. Yang paling parah adalah munculnya penyimpangan yang demikian jauh dari pengertian sebagaimana yang telah dijelaskan oleh para ulama. Karena itu, banyak kita saksikan belakangan ini berbagai tindakan dan aksi tertentu yang langsung atau tidak langsung dapat menimbulkan kerusakan dimasyarakat, namun oleh para pelakunya diklaim sebagai jihad. Padahal Islam sama sekali tidak mengajarkan amalan tersebut.
Contoh yang paling konkret adalah melakukan pengeboman tempat-tempat ibadah orang kafir, membunuh orang-orang kafir dengan melakukan bom bunuh diri ataupun merusak fasilitas-fasilitas orang asing yang ada. Semua tindak kedzaliman mereka anggap sebagai jihad.
Definisi jihad menurut bahasa adalah kesulitan, kesukaran, kepayahan. Menurut istilah jihad berarti “mencurahkan segala kemampuan dalam memerangi orang-orang kafir atau musuh”. Jihad bukan dilakukan dengan cara-cara diatas, Islam sangat mencintai perdamaian.
Dalam catatan sejarah Islam pernah menguasai kawasan Andalusia, suatu daerah di Spanyol. Sebelumnya kawasan tersebut dikuasai orang-orang kafir. Setekah takluk oleh Islam, orang-orang kafir yang menyerah kepada Islam dilindungi dan diakui keberadaannya oleh Islam. Kita lihat betapa dahsyatnya Islam menghargai perdamaian, contoh tersebut hanyalah sebagian contoh-contoh kecil yang merupakan bukti bahwa Islam sangat menghargai perdamaian.
Apakah yang dilakukan Amrozy cs sebagai jihad ?. tentu saja sangat jauh dari kata jihad dijalan Allah, jihad di jalan Allah adalah membela agama Allah. Bila orang-orang asing yang menjadi korban bom bali tersebut mengusik kehidupan Islam di Indonesia barulah kita wajib berjihad dijalan Allah. Dalam hal ini, orang-orang asing tersebut hanyalah turis-turis yang sedang berlibur di Negara kita. Bukankah mereka menguntungkan dalam hal ini ?.
Kita sebagai manusia tidaklah berhak menentukan seseorang mati dalam keadaan sahid atau tidak. Semuanya hanya Allah yang berhak menilai itu semua. Wallahu a’lam.
( Ditulis oleh MOHAMAD BAYU PRASETYO, dari berbagai sumber )

Tidak ada komentar: