Senin, 10 November 2008

ANAK MENTENG YANG JADI PRESIDEN




Luar biasa, itulah kata yang pantas diberikan untuk seorang BARACK HUSSEIN OBAMA. Bagaimana tidak, ia adalah orang kulit hitam pertama yang menjadi presiden dari Negara sebesar Amerika. Setelah 200 tahun lebih Amerika dipimpin pria berkulit putih, sampai akhirnya muncul sosok Obama yang datang membawa perubahan. Dengan slogan kampanye yes we can dan kepandaiannya berpidato didepan orang banyak, Obama mampu membius jutaan rakyat Amerika untuk memilih dirinya.

Obama adalah anak seorang imigran asal Kenya, ayah nya adalah seorang pria berkebangsaan Kenya, sedangkan ibunya berkebangsaan Amerika, Obama juga mempunyai seorang adik yang berbeda ayah dengannya, yang bernama Maya Soetoro, ayah Maya berkebangsaan Indonesia yang bernama Lolo Soetoro yang menikahi ibunya setelah bercerai dari pria berkebangsaan Kenya yang tak lain adalah ayah kandung Obama.

Obama pernah mengenyam pendidikan di Indonesia, antara tahun 1968 – 1971. Obama memiliki nama Barry Soetoro saat berada di Indonesia. Dalam pidatonya obama pernah berbicara bahwa dia pertama kali mengenal keragaman budaya adalah ketika ia berada di Indonesia, Obama kecil juga sangat suka jalan-jalan. Tempat yang paling senang dikunjungi Obama kecil dan keluarganya adalah kawasan puncak dan Tangkuban Parahu. Dengan terpilihnya Obama sebagai presiden sang super power yang sedang terbaring sakit, mudah-mudahan membawa dampak positif bagi Indonesia, tetapi tentu kita juga tidak usah berharap banyak pada seorang Obama, karena ia juga telah ditunggu pekerjaan rumah yang sangat menumpuk di negrinya sendiri. Amerika saat ini sedang mengalami krisis ekonomi yang sangat hebat, tentu akan menjadi pekerjaan yang sangat berat bagi seorang Obama.

Kita semua tahu bahwa Amerika sedang dilanda krisis ekonomi, ditambah lagi citra buruk Amerika di mata dunia ketika dibawah kepemimpinan Bill Clinton dan Georrge W Bush yang lebih senang menyelesaikan konflik atau masalah dengan cara perang, inilah yang membuat citra Amerika buruk dimata dunia.

Kita pula harus ingat obama bukanlah seorang robot, kita insan Indonesia hanya bisa berdoa semoga terpilihnya obama menjadi presiden Amerika membawa dampak baik bagi hubungan bilateral Indonesia dan Amerika kelak.

DITULIS OLEH MOHAMAD BAYU PRASETYO, 2008.

Tidak ada komentar: